Cara Tepat Mengkilapkan Batu Cincin Kalimaya Secara Sederhana

Cara Tepat Mengkilapkan Batu Cincin Kalimaya Secara Sederhana - Ada banyak cara agar batu cincin kita terutama dari batu jenis Kalimaya untuk mengkilapkan, baik dengan cara modern maupun dengan cara tradisional atau cara sederhana, nah berikut ini kami akan share beberapa cara tradisional atau sederhana dalam mengkilapkan batu kalimaya, simaklah.

Cara Pertama:  Menggosok Batu Akik Kalimaya Dengan Kulit
Cara ini adalah cara yang lazim digunakan oleh para kolektor akik saat ini. Cara yang terbilang sederhana namun bisa menghasilkan kilauan batu akik yang menawan. Kulit adalah salah satu media yang bisa membuat batu akik semakin mengkilap. Itu disebabkan karena kulit bisa mengeluarkan minyak alami yang sangat berguna untuk meningkatkan keindahan batu akik kalimaya. Kulit yang bisa Anda gunakan usahakan yang sudah tidak terpakai, misalnya kulit pada bekas sabuk, atau bisa juga kulit pada bekas dompet Anda. Cukup gosokkan batu akik kalimaya pada kulit searah seperti biasanya.

Cara kedua:  Menggosok Batu Akik Kalimaya Dengan Bambu
Salah satu cara yang digunakan oleh tetua terdahulu kita untuk merawat batu akik kalimaya adalah dengan menggunakan media bambu. Dengan memanfaatkan kehalusan tekstur pada kulit bambu, ternyata sangat membantu meningkatkan kadar kemengkilapan akik kalimaya. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menggosokkan batu akik kalimaya pada bambu.

Cara Ketiga:  Menggosok Batu Akik Kalimaya Dengan Daun Pisang Kering
Ini adalah cara yang sering digunakan oleh nenek moyang kita untuk memperindah batu akik. Meskipun cara ini dirasa masih kuno, namun ternyata sejauh ini masih dianggap ampuh untuk menambah kilauan dari batu akik. Senyawa yang ada pada daun pisang kering (jawa: klaras) dapat membuat batu akik menjadi lebih mengkilap. Caranya cukup sederhana dan simple, cukup ambil beberapa daun pisang kering, lalu gosok-gosokkan searah pada batu akik kalimaya. Lakukan secara rutin, maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Keempat: Merendam Batu Akik Kalimaya Dengan Air Kelapa
Cara yang saat ini paling populer dikalangan akik mania. Cara ini sangat sederhana, cukup memasukkan batu akik kalimaya dalam air kelapa muda, bisa di dalam gelas atau mangkuk. Lebih baik rendam dengan wadah yang bisa ditutup, agar air kelapa tidak tercampur dengan air atau zat yang lain. Diamkan beberapa saat, atau semalam saja kemudian esok pagi ambil batu tersebut lalu lap dengan kain lap yang lembut, maka batu akan terlihat semakin indah dan mengkilap.

Cara Kelima:  Menggosok Batu Akik Kalimaya Dengan Kertas Pasir/Amplas

Yang paling utama dalam penggosokan batu akik kalimaya adalah pemilihan kertas pasir yang tepat. Pilihlah kertas pasir atau amplas yang lembut, dengan ukuran 1200 atau 1500. Atau kalau Anda ragu, tanyakan pada penjual kertas pasir yang paling halus. Kalau sudah didapatkan, amplas bisa Anda gunakan untuk segera memperindah batu akik kalimaya. Caranya sederhana saja, gosok dengan perlahan batu akik dengan amplas. Gosok dengan gerakan satu arah agar membuat batu akik kalimaya Anda semakin indah. Cara ini sangat cocok untuk batu akik kalimaya yang masih belum mengkilap.[gs]