Tips Lengkap Menghilangkan Bercak Hitam Batu Bacan Doko

Tips Lengkap Menghilangkan Bercak Hitam Batu Bacan Doko - Batu bacan doko pertama kali ditemukan di Maluku Utara, cocoknya di Desa Doko, Pulau Kasiruta, Kecamatan Bacan Barat Halmahera. Batu bacan tipe ini tak sedikit dicari oleh kolektor lokal maupun mancanegara sebab keindahannya dan harga jualnya yang tinggi. Ciri-ciri dari batu bacan doko merupakan warnanya yang hijau bening dan hijau tua gelap semacam warna cingcau. Tidak hanya itu, batu bacan tipe ini juga mempunyai ciri-ciri khusus ketika disorot cahaya senter. Batu bacan doko bakal membiaskan cahaya senter dan menyebarkan cahaya dibagian sisi-sisinya membentuk lingkaran, sedangkan dibagian tenganya bakal tampak hijau cerah.
Keunikan lainnya yang dimiliki oleh bacan doko merupakan sifatnya yang mudah berubah warna dibandingkan dengan jenis-jenis batu bacan lainnya, semacam palamea dan obi. Batu tipe ini bisa berubah warna dari hijau tua menjadi hijau bening dalam kurun waktu kurang lebih 3 hingga 4 bulan. Batu yang lebih bening sendiri harga jualnya lebih mahal. Meski begitu, batu bacan doko ini juga mempunyai ketidak lebihan, diantaranya ialah adanya bercak hitam pada batu tersebut yang bisa membikinnya bakal menjadi terkesan tak lebih indah. Tetapi jangan bingung, ada berbagai tutorial menghapus bercak hitam batu bacan doko yang manjur. Berikut dibawah ini tutorialnya.
Tips menghilangkan Bercak Hitam Batu Bacan Doko

  • Siapkan batu bacan doko yang bakal dihilangkan bercak hitamnya. Tidak hanya itu, siapkan juga minyak kayu putih alias minyak bayi sebagai media pembersihan dan wadah beling semacam mangkok dan gelas. 
  • Seusai semua telah disiapkan, oleskan minyak tersebut keseluruh tahap batu bacan doko dengan cara merata. Tapi butuh diperhatikan, pengolesan jangan diperbuat dengan tutorial ditekan, nakan tetapi dioles dengan cara perlahan dan halus.
  • Apabila disemua permukaan pada batu bacan doko sulah diolesi minyak, selanjutnya letakkan di atas wadah beling. Seusai itu wadah beling tersebut diletakkan di atas terik matahari alias menjemur batu bacan doko tersebut.
  • Perhatikan batu tersebut, apabila ada perubahan warna maka eksperimen yang Kamu perbuat tersebut telah sukses dengan cepat. Tetapi apabila warna bercak hitam dirasa belum menghilang, Kamu bisa mencoba mengoleskan lagi minyak bayi alias minyak kayu putih semacam tutorial no. 2. 

Proses perubahan warna terbukti belum pasti berjalan cepat, faktor tersebut tergantung dari sedikit tak sedikitnya bercak hitam pada batu bacan dan keadaan dari batu itu sendiri. Apabila batu tersebut terus maka prosesnya pasti bakal terus susah dan umur batupun juga bakal bisa mempengaruhi transformasi dari warna dari batu bacan doko.[gs]