Cara Mengetahui Keaslian Batu Kecubung Wulung Dengan Benar

Cara Mengetahui Keaslian Batu Kecubung Wulung Dengan Benar - Tak sedikit sekali jenis-jenis batu kecubung. Salahsatunya yang terindah serta luar biasa tak sedikit mata merupakan batu kecubung wulung. Meski tak sedikit orang yang berasumsi negatif terhadap batu ini, mulai dari faktor magis sampai auranya, para kolektor yang sangatlah permatalover tak memperdulikan faktor tersebut. Mereka (kolektor) yang menyukai batu kecubung wulung berpendapat bahwa batu tersebut dibeli sebab ekstestikanya, bukan kegunaaan ghaibnya.
Batu kecubung wulung sendiri telah dijadikan perhiasan sejak jaman kerajaan kuno di pulau Jawa. Namanya sendiri diambil dari bahasa sansekerta yang berarti hitam yang pekat apabila disorot sinar matahari bakal mengeluarkan sinar berwarna ungu terang. Terlepas dari segala macam mitos serta tahayul, kecubung wulung mempunyai nilai keindahan yang luar biasa sebagai perhiasan. Tetapi begitu, batu yang mempunyai warna netral hitam ini terkadang dibangun imitasinya jadi membingungkan tak sedikit pembeli. Oleh sebabnya, sebelum membeli batu tersebut, Kamu wajib tahu bagaimana tutorial menguji keaslian batu kecubung wulung.
Cara Menguji Keaslian Batu Kecubung Wulung
  1. Ciri khas dari batu kecubung wulung merupakan warnanya yang hitam pekat serta mengkilap. Tidak hanya itu, batu tipe ini biasanya mengeluarkan kemilau warna tersendiri yang tak sama dari tipe lainnya.
  2. Ciri selanjutnya merupakan tingkat kekerasannya yang lumayan tinggi dibandingkan batu-batu akik yang lain semacam limau manis, kinyang serta topaz.
  3. Gunakan sumber cahaya (umpama senter) untuk menyorot batu. Apabila batu tersebut asli, maka bakal timbul warna-warna ungu alias merah sesuai dari mana batu kecubung wulung tersebut ditemukan.
  4. Tidak hanya keras, batu ini pun lumayan berat. Oleh sebab itu, biasakan untuk mengangkat batu sejenis yang telah tentu keasliannya saat membeli sebagai perbandingan.
  5. Tidak hanya memunculkan warna ungu serta merah, sinar dari sumber cahaya yang menyorot batu tersebut bakal tembus.
  6. Batu kecubung tipe ini juga populer dengan nilai permukaannya. Sehingga, janganlah membeli batu kecubung wulung yang tahap perbukaannya cacat tergores. Sebab kemungkinan besar itu merupakan imitasi (palsu).
  7. Eksperimen lain yang bisa membuktikan keaslian dari batu ini merupakan dengan tutorial meneteskan sedikit air ke tahap permukaan batu tersebut. Apabila air yang diteteskan mengalami penggumpalan, maka bisa dipastikan bahwa batu akik tersebut asli.
  8. Tidak hanya meteskan air, Kamu juga bisa bereksperimen dengan tutorial mendekatkan batu ke mata kurang lebih 5-10 cm. Selanjutnya Kamu bisa memperhatikan batu akik tersebut. Apabila batu tersebut memantulkan benda dikurang lebihnya (menjadi cermin) maka batu tersebut kemungkinan asli.[gs]