Batu Ngalo Mamuju Sulbar Asli

Batu Cincin Ngalo Mamuju Asli - Boomingnya batu Ngalo ini sangat berdampak positif bagi masyarakat yang daerahnya menjadi penghasil batu mulia. Salah satu pengrajin batu yang enggan disebut namanya di Mamuju mengatakan bahwa Batu Ngalo telah menjadi primadona dan sudah terkenal hingga ke luar daerah,. Hal ini berdampak hampir setiap hari banyak orang yang datang untuk mencari bongkahan batu yang berasal dari pesisir pantai Ngalo. Mereka berburu batu dengan alat seadanya menyusuri pantai dengan alat seadanya untuk mendapatkan batu yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Adapun batu berkualitas dan bermutu tinggi ini dapat dilihat dari jenis, warna, corak dan ulirnya yang menarik. Namun untuk mencari batu permata Ngalo yang bermutu tinggi saat ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, oleh karena semua orang dapat mencari dan mengambil sendiri bahan permata Ngalo dari asalnya, sehingga pada suatu saat nanti batu-batuan itu akan menjadi langka. Puluhan karung bongkahan batu Ngalo hasil perburuan di Desa Uhu ini kemudian dibelah kecil-kecil, lalu digerinda dan dihaluskan hingga betul-betul kinclong untuk mendapatkan Corak dan Motif Khas Batu Ngalo dari Mamuju. Setelah mendapatkan batu yang memiliki jenis, motif serta warna yang baik dan prima, kemudian dengan peralatan sederhana para pengrajin kemudian membentuknya menjadi batu cincin atau gandul liontin yang indah dan menarik yang mempunyai nilai jual yang sangat fantastis hingga puluhan juta rupiah. 



Teman-teman penggemar batu Ngalo mengatakan bahwa kualitas batu ini bisa bersaing dengan batu-batuan permata yang berasal dari daerah lain penghasil batu permata. Batu ngalo mempunyai tekstur yang keras bila diasah, mudah dibentuk, cepat halus dan mengkilap sehingga banyak diburu oleh para penggemar batu-batuan untuk dijadikan perhiasan. Femmy salah seorang ibu penggemar batu akik dari Mamuju mengatakan bahwa batu Ngalo dari Dusun Ngalo, Desa Uhu Tapalang Barat sudah mulai diburu oleh para penggemar batu dari luar daerah karena memiliki karakter batu yang baik, keras, warna-warni dan tekstuir yang unik. Namun sebagai pencinta batu permata terutama Ngalo, Ibu Femmy berharap agar Pemerintah Daerah Sulawesi Barat, Pemda Kabupaten Mamuju dapat memberi dukungan kepada masyarakat yang tinggal di daerah penghasil Batu Ngalo dan para pengrajin batu yang ada di daerah ini agar mereka bisa memperoleh nilai tambah peningkatan penghasilan mereka dari Batu Ngalo dengan menghimbau seluruh jajarannya untuk menggunakan Batu Ngalo produksi Daerah sendiri. Selain meningkatkan pendapat masyarakat dari batu Ngalo juga sangat berpengaruh terhadap promosi wisata daerah Mamuju dan provinsi Sulawesi Barat sebagai salah satu destinasi parawisata di Indonesia.[gs]