Ciri Ciri Lengkap Batu Bacan Asli

Ciri Ciri Lengkap Batu Bacan Asli – Demam batu akik atau batu mulia sudah merambah kesetiap penjuru, baik kalngan muda maupun kalangan orang tua, dimana mana disudut-sudut kota maupun pedesaan bermunculan pandai batu dadakan, ataupun lapak-lapak penjualan batu mulia atau batu akik baik yang usdak diolah menjadi batu cincin, batu liontin maupun bongkahan tau bahan baku dari batu mulia yang belum diolah. Salah satu jenis batu yang paling digemari adalah batu bacan. Yup batu bacan awalnya berasal dari pulu Bacan. Dari sekian banyak jenis batu bacan, maka ada tiga jenis batu bacan yang sudah sangat terkenal yakni batu bacan doko dengan ciri ciri berwarna hijau, asalnya dari daerah yang bernama Doko di Maluku utara, selanjutnya adalah jenis batu bacan Palamea, warna khas dari jenis batu bacan palamea ini adalah berwarna Biru sama dengan Bacan Doko, jenis batu bacan palamea ini berasal dari daerah yang bernama Palamea. Selanjutnya yang ketiga adalah batu bacan obi, kenapa dikatakan dengan batu bacan obi ? ya sama dengan batu bacan Doko dan Palamea, Batu bacan Obi juga berasal dari daerah yang bernama Obi, Ciri Khas dari batu bacan Obi ini berwarna Merah.
Batu Bacan Doko
Batu Bacan Palamea
Batu Bacan Obi
Harga Batu bacan beragam mulai dari harga ratusan ribu sampai harga puluhan juta, tergantung dengan ukuran, warna dan tentunya proses perubahan yang telah terjadi pada batu bacan tersebut. Dan sudah menjadi hukum pasar apabila permintaan meningkat maka hargapun secara otomatis akan naik, begitu halnya dengan batu bacan ini karena banyak yang memburunya maka keberadaannya sudah semakin langka sehingga banyak orang yang mencoba membuat batu bacan palsu atau imitasi.
Cara membedakan Batu Bacan Asli atau Masakan / Palsu
  • Dengan membakar permukaan pada batu bacan asli biasanya akan tampak seperti minyak di permukaan batu yang dibakar dan apabila dibersihkan minyak tersebut akan hilang sehingga batu kembali bersih seperti sebelum dibakar. Sedangkan apabila batu bacan tersebut palsu atau imitasi maka bekas bakaran akan tampak kusam dan bila dibersihkan tidak akan kembali bersih seperti semula namun masih meninggalkan bekas.
  • Dengan memperhatikan perubahan warna sebuah batu bacan asli akan berproses sejalan dengan waktu dari warna hitam berubah hijau dengan bintik hitam dan selanjutnya bintik tersebut hilang sehingga menjadi hijau bening. Setelah bening batu bacan akan menjadi seperti ada air dan seterusnya hingga menjadi batu yang sangat indah dan berharga mahal.
  • Dengan menimbangnya maka akan diketahui bahwa batu bacan asli dengan ukuran yang sama bila ditimbang akan lebih berat dibanding batu bacan palsu.
  • Dengan menggunakan cahaya batu bacan asli bila diberi cahaya atau disenter maka akan berbeda warnanya disamping itu akan terlihat serat yang biasanya tidak terdapat pada batu bacan palsu.
  • Dengan menggoreskan ke kaca batu bacan asli akan meninggalkan goresan pada permukaan kaca sedangkan yang palsu biasanya tidak meninggalkan goresan di kaca.
Demikianlah artikel mengenai Ciri Ciri Lengkap Batu Bacan Asli.[gs]